Memiliki kitchen set yang nyaman adalah dambaan setiap keluarga. Apalagi di masa pandemi seperti ini, dimana keluarga lebih banyak dirumah. Hal tersebut mengakibatkan order makanan ke pada Bunda meningkat drastis. Perlu upaya strategis untuk meningkatkan efisiensi saat di dapur. Salah satunya dengan jalan make over dapur keluarga kita.

Pada bulan Juli 2020 bapak Edi yang bertempat tinggal di Jomegatan Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta menghubungi tim konsultan interior Scandinaland. Beliau termasuk suami yang perhatian dengan urusan dapur keluarga. Bapak Edi ingin membuat kitchen set untuk rumah beliau.

Desain kitchen set untuk bapak Edi di Bugisan Bantul
Desain kitchen set untuk bapak Edi di Bugisan Bantul

Konsep kitchen set

Jika kita cermati lebih mendalam, model dapur yang dipilih oleh bapak Edi termasuk dalam kategori model dapur minimalis. Beliau memilih corak warna dark brown untuk dapur rumah beliau. Untuk bentuk dapur, yang dipilih adalah bentuk L dengan tetap memakai kabinet atas.

Adanya kabinet atas akan membantu untuk memperluas tempat penyimpanan. Para Bunda bisa menggunakan untuk menyimpan bahan makanan kering ataupun perkakas dapur. Terdapat kitchen sink di sisi kanan akan memudahkan proses pembersihan makanan dan alat dapur.

Jika kita perhatikan lebih lanjut, di dekat kitchen sink ada jendela kecil. Selain untuk sirkulasi udara, adanya jendela tersebut bisa menjadi pencahayaan alami yang nyaman saat di dapur. Perpaduan desain minimalis scandinavian yang kokoh namun tetap memperhatikan fungsionalitas.

Detail kabinet bawah kitchen set bapak Edi di Kasihan Bantul
Detail kabinet bawah kitchen set bapak Edi di Kasihan Bantul

Pengerjaan & instalasi

Untuk keseluruhan pengerjaan kitchen set yang memiliki luas 5.21 m2 tersebut kami mengerjakan dalam waktu 12 sudah dengan pemasangan. Proses yang kami lakukan dimulai dari belanja bahan setelah approve desain dari klien bapak Edi di Kasihan Bantul. Proses pengerjaan kabinet bawah dan kabinet atas dilakukan di workshop.

Setelah selesai pembuatan furniture di workshop kami melakukan instalasi kediaman beliau di Kasihan Bantul. Tantangan yang ada adalah bagaimana kita atur area bawah kabinet itu harus tetap bisa berfungsi sebagai penyimpanan. Alhamdulillah tim Scandinaland mempunyai ide yg briliant untuk mengatur itu. Lalu di kabinet atas kami merekayasa bagaiman ambalan bisa menahan beban untuk oven dan perangkat lainnya. Disini kami memakai rangkai konstruksi yg ciamik dan tetap kokoh.

Ambalan untuk tempat oven di kabinet atas kitchen set
Ambalan untuk tempat oven di kabinet atas kitchen set

Kami sangat bersyukur bisa mengerjakan kitchen set minimalis untuk beliau di Kasihan Bantul ini. Menambah pengalaman di lapangan mengerjakan proyek kitchen set saat masa pandemi. Rasa terimakasih kami juga kami haturkan kepada bapak Edi sekeluarga yang sudah memberikan kesempatan untuk berkarya bagi kami.

Tak lupa juga kami berikan rasa terimakasih yang besar kepada seluruh tim Scandinaland Interior. Baik konsultan di kantor, tim supervisor, desainer yang handal serta mitra yang bahu membahu membuat karya seni yang luar biasa. Bagi kami, pengerjaan interior adalah salah satu langkah awal menciptakan kehangatan di dalam sebuah bangunan.