Taman merupakan bagian dari rumah hunian yang memperindah suasana rumah. Baik itu konsep taman di luar rumah seperti di taman depan rumah minimalis atau di samping rumah atau taman yang berada di dalam rumah seperti yang akan di bahas pada artikel kali ini. Pembuatan taman harus menyesuaikan beberpa hal, termasuk dari selera pemilik rumah. Selain itu ada beberapa tips membuat taman di dalam rumah yang bisa anda perhatikan.

Sebenarnya membuat taman tidak begitu susah, namun ketika taman yang akan dibuat berada di dalam ruangan tentu harus memperhatikan beberapa hal. Lokasi di dalam rumah merupakan lokasi yang kurang bagus untuk pertumbuhan tanaman. Namun dengan menggunakan beberapa tips dan trik, keindahan yang harusnya ada di luar rumah bisa anda nikmati di dalam ruagan rumah.

Membuat Taman Di Dalam Rumah
Taman dekat jendela. Sumber lifestylecollective.org

1. Tentukan Ruang Yang Tepat

Ruang yang tepat dalam pembuatan taman dalam rumah akan berpengaruh pada sisi estetika. Biasanya tempat terbaik untuk membuat taman di dalam rumah adalah di bagian void rumah. Void rumah adalah ruangan terbuka gabungan dua lantai yang dibuat untuk keperluan tertentu. Namun yag disayangkan tidak semua bangunan rumah hunian memilki void rumah.

Pilihan selanjutnya adalah dekat ruang keluarga atau dekat dengan ruang makan. Bisa juga untuk mempercantik dapur minimalis. Anda bisa berkumpul dengan keluarga di ruang keluarga dengan sajian pemandangan taman di dalam rumah. Ruang yang memiliki tanaman hijau tentu saja menjadikan suasana menjadi fresh dan menjadikan anggota keluarga betah dirumah.

2. Konsep Taman Yang Tepat

Taman yang berada di dalam rumah tentunya harus menyesuaikan kondisi di dalam rumah. Taman di dalam rumah tidak seperti layaknya taman di luar rumah yang diselimuti rumput dan kolam. Taman yang di dalam rumah lebih baik mengadopsi taman kering dengan menggunakan batuan alami, sementara tanamannya bisa di tanam dalam pot.

Dengan konsep taman kering, selain tidak membuat becek juga mudah dalam perawatannya. Banyaknya air yang ada di taman dalam rumah dapat mengakibatkan tumbuhnya lumut dan juga jamur. Selain itu konsep taman kering mudah dalam membersihkannya, jika taman terlalu kotor justru akan menampilkan kesan kumuh.  

3. Sirkulasi Udara dan Cahaya Harus Bagus

Tanaman yang berada di dalam rumah tetap membutuhkan sinar matahari dan udara. Sebaiknya gunakan atap yang transparan, misalnya dengan kanopi transparan. Tanaman yang kekurangan asupan sinar matahari akan terganggu pertumbuhannya.  Sehingga sebisa mungkin harus ada sinar matahari yang masuk ke area taman di dalam rumah.

Begitu juga udara, tanaman memerlukan karbon dan zat lain untuk tumbuh. Sirkulasi udara yang baik akan menjadikan tanaman menjadi bagus pertumbuhannya. Anda bisa membuat taman di dalam rumah yang lokasinya dekat jendela atau bisa menggunakan opsi lain seperti model atap terbuka atau membuat lubang ventilasi.

4. Tanaman Harus Sesuai

Tanaman yang di pilih harus sesuai dengan konsep taman kering anda. Memang pilihan untuk taman di dalam rumah tidak sebanyak taman di luar rumah yang bisa di tanami apa saja. Pilih tanaman yang tidak membutuhkan banyak asupan air. Tanaman yang paling cocok untuk taman di dalam rumah antara lain kaktus, pandan bali, sansivieria, palem, dan sikas. Taman kering cenderung lebih cepat berkembang jika terpapar udara hangat.

5. Perhatikan Air Buangan

Meskipun menggunakan tanaman dengan sedikit asupan air, bukan berarti anda membiarkan tanaman tumbuh sendiri. Anda tetap harus rajin menyiraminya minimal 3 hari sekali. Karena itulah pastikan air sisa penyiraman mengalir lancar ke saluran pembuangan. Hal ini penting untuk menghindari genangan air yang bisa memicu tumbuhnya lumut di area sekitar taman.

6. Tanaman Sayur Bisa Menjadi Alternatif

Anda bisa menanam sayur di dalam rumah dengan sistem hidroponik jika area taman dalam rumah cukup banyak terpapar sinar matahari. Selada, tomat dan berbagai sayur lainnya bisa menjadi alternatif tanaman pilihan anda. Yang perlu di perhatikan adalah pastikan kelembaban udara di area taman di dalam rumah terjaga karena jika terlalu lembab tanaman berpotensi membusuk.

Selain itu keberadaan tanaman hidroponik menjadikan anda memiliki sumber pangan sendiri yang terjamin dari sisi ke-organikannya. Memang mmemaksimalkan segala sesuatu termasuk taman bisa menambah nilai terasendiri baik itu nilai material maupun kepuasan.

Membuat Taman Di Dalam Rumah
Taman yang rindahng. Sumber Pinterest

Demikian ulasan mengenai tips membuat taman di dalam rumah yang bisa anda coba. Pastikan langkah yang akan anda jalankan harus benar-benar tepat agar keberadaan taman di dalam rumah malah dapat mengganggu nilai estetika desain interior rumah anda. Jika anda mengalami kesulitan dalam hal penataan interior ruangan anda yang berkaitan dengan pembuatan taman di dalam rumah anda bisa menghubungi penyedia jasa desain interior Jogja, Scandinaland. Terima kasih.