Pada ruangan dapur selalu terdapat kitchen set yang digunakan untuk menyimpan berbagai jenis peralatan memasak, peralatan makan dan minum serta penyimpanan bumbu-bumbu masak. Dengan adanya kitchen set, pekerjaan Anda dalam mengolah makanan akan semakin mudah karena segala kebutuhan peralatan ada di sana.

Fungsi Dan Bagian Kitchen Set

Perlengkapan kitchen set pada dapur tentunya terdiri atas beberapa elemen yang memiliki beberapa elemen dengan fungsi dan bentuk disesuaikan kebutuhan Anda. Hal yang paling vital yang harus ada di ruang dapur adalah ventilasi udara, hal ini berfungsi untuk mengantar asap keluar dan tidak membuat aroma di dapur menjadi tak sedap apalagi sampai membuat sesak nafas.

Bagi Anda yang mempunyai kondisi dapur tertutup, maka sudah barang tentu diharuskan memiliki cooker hood yang berfungsi untuk menghisap asap, biasanya cooker hood dipasang tepat di atas kompor, sehingga ketika Anda memasak sesuatu, asap yang keluar itu akan langsung menuju cooker hood, maka dapur pun akan tetap terjaga dari aroma kurang sedap.

L Shaped kitchen set by Scandinaland Interior

Kemudian bagian-bagian pada kitchen set diantaranya kabinet atas, kabinet bawah, table top, back panel dan table. Semua itu adalah satu paket standar kitchen set baik dalam model Kitchen Straight, Kitchen L-Shaped, Kitchen Parallel, Kitchen U-Shaped dan Kitchen Island. Tentunya dapat Anda pilih sendiri.

Baca juga: Tips Mempercantik Dapur

Kabinet atas adalah lemari tertutup yang menggantung pada dinding yang berfungsi untuk menyimpan piring, gelas, pasokan bumbu dan bahan makanan lainnya. Untuk ukuran, biasanya bentuk standarnya adalah tinggi 60 cm dan lebar 45 cm. Bentuk tutup kabinet bisa dengan kayu, kaca, maupun tanpa penutup.

Kemudian kabinet bawah atau bisa juga disebut table top ini merupakan lemari di bagian bawah yang memiliki tempat serba guna seperti memasak, mencuci piring, memotong sayur maupun daging karena pada kabinet bawah ini terdapat kompor dan zink (bak cuci). Untuk ukuran kabinet bawah ini bisa lebih dari tinggi 60 cm sampai 80 cm.

Table top dapur dari batu granit, sumber ig @quartznsolidsurface_sg
Table top dapur dari batu granit, sumber ig @quartznsolidsurface_sg

Pada table top terdapat area yang bisa dijadikan persiapan biasanya untuk mengolah bumbu atau membersihkan bahan-bahan masakan dari tempat penyimpanan, ada juga area memasak yaitu tempat memproses serta mengolah makanan sehingga masakan dapat selesai dengan optimal, serta ada pula area penyajian yang sekaligus dapat dijadikan tempat menyimpan makanan.

Perhatikan Material Kitchen Set

Kitchen set dengan berbagai modelnya pun mempunyai berbagai bahan material yang dapat mempengaruhi gaya memasak Anda sehari-hari. Bahan material kitchen set mulai dari Plywood, Blockboard, MDF, HPL, dan Decosheet. Anda harus mengetahui bahan material ini sebelum Anda memilih tempat pembuatan kitchen set kepercayaan Anda.

Kitchen set yang terbuat dari bahan material berupa Plywood atau bisa juga disebut multiplek adalah kayu berbahan dasar meranti berlapis. Ini tentunya kuat dan tahan lama serta anti kedap air, sehingga sebasah apapun Anda mencuci peralatan masak atau perabotan makan dan minum, material plywood ini tahan air.

Adapula Blockboard yang merupakan potongan-potongan kayu dari sisa produksi kayu primer sebelumnya yang kemudian disatukan. Bahan ini pun menarik karena kuat pula dan tahan terhadap rembesan air. Kemudian material berbahan MDF adalah kumpulan serbuk kayu yang ditekan dengan tekanan tinggi sehingga memadat menjadi potonngan kayu siap susun. Namun sayangnya kedap air.

Foto material kayu HPL, sumber ig @duropal_indonesia
Foto material kayu HPL, sumber ig @duropal_indonesia

HPL (High Pressure Laminate) merupakan material dari resin serta decorative paper yang anti gores, tahan air dan cukup kuat. Dan terakhir Decosheet adalah material yang terbuat dari plastik yang kualitasnya tentu dibawah HPL tadi, terlebih lagi decosheet ini sifatnya fleksibel sehingga tidak direkomendasikan bagi area memasak yang selalu terekspos air.

Demikian penjelasan tentang kitchen set serta bagian dan fungsi-fungsinya yang dapat mempermudah pekerjaan Anda ketika akan melakukan proses mulai dari persiapan mengolah bahan-bahan makanan, mengolah masakan sesuka hati Anda, hingga menyajikan masakan siap saji untuk keluarga Anda tercinta.

Jika Anda membutuhkan konsultan profesional untuk pembuatan kitchen set rumah, hotel, villa atau yang lainnya. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Tim konsultan dari Scandinaland Interior siap sedia membantu memenuhi kebutuhan Anda.