Konsep ruangan yang memiliki gya tertentu segala perabotannya harus menyesuaikan dengan gaya ruangan tersebut. Termasuk dengan perabot kursi dan meja yang ada di ruanga tersebut. Salah satu jenis kursi yang umum ada di ruangan pada rumah hunian adalah sofa. Jenis sofa yang sesuai dengan interior rumah ada berbagai macam.

Anda ketika memiliki gambaran desain interior saat ini tidak perlu bingung untuk mengaplikasikannya. Karena selain adanya jasa sofa kustom, jasa desain interior juga sudah ada di berbagai kota di Indonesia. Salah satu penyedia jasa desain interior Jogja yakni Scandinaland memberikan layanan desain dan juga pengerjaan interior yang berpengalaman dalam menyusun konsep desain interior.

Jenis Sofa Yang Sesuai Dengan Interior Rumah

Sofa hanya di gunakan sebagai tempat duduk ? Blum tentu. Sofa ternyata ada yang memiliki fungsi sebagai tempat tidur ketika diatur dengan sedemikian rupa. Ada fungsi lain selain sebagai tempat duduk. Inilah jenis sofa berdasarjan fungsinya.

Jenis sofa yang sesuai dengan interior
Desain simpel sofa. Sumber Unsplash

1. Sofa Minimalis Untuk Ruangan Minimalis

Gaya minimalis adalah gaya yang tidak rumit. Sehingga ruangan minimalis akan pas jika dipadu dengan gaya sofa minimalis. Sofa minimalis merupakan sofa dengan bentuk sederhana dan kesan mewah pada sofa jenis ini seperti tidak ada. Jenis sofa minimalis ini hanya dibuat dengan bentuk yang tegas dan terkesan rata tanpa ada lekukan-lekukan.

Sofa dengan bentuk sederhana ini mulai diminati baik untuk rumah hunian maupun untuk perkantoran. Pembuatan sofa minimalis memang hanya mengejar fungsi kenyamanan bagi siapa saja yang memakainya, sehingga untuk desain dibuat sesederhana mungkin tetapi jika diaplikasikan ke dalam ruangan akan terihat cocok.

Saat ini tren minimalis sedang naik daun baik desain interior minimalis, rumah minimalis dan bagian apapun pada bagunan. Selain tidak perlu menggunakan banyak barang dan desain sederhana, ternyata desain gaya minimlis akan terlihat lebih ‘fresh’ daripada desain yang penuh dengan pernak pernik. Dan yang perlu di pahami adalah, minimalis tidak berkonotasi kecil, mini atu irit.

2. Sectional Sofa Untuk Ruangan Terbatas

Jika anda memiliki ruangan yang sering diubah penataannya, maka lebih baik menggunakn sectional sofa. Sofa jenis ini seperti sebuah sofa yang disusun oleh beberapa bagian kursi sofa kecil. Dengan sering merubah posisi sofa atau merubah display suatu ruangan maka anda tidak akan pernah merasa cepat bosan dengan kondisi ruangan.

Bentuk letter L sofa ini cocok diletakkan menyesuaikan ruangan seperti di posisikan di pojok ruangan dan lokasi lainnya yang sesuai. Sofa ini juga sangat cocok digunakan untuk anda yang memiliki masalah dengan bentuk ruangan. Selain dapat ditempatkan di sebuah sudut, sofa ini bisa diletakkan memanjang.

Selain itu anda dapat menjadikan satu set sofa menjadi dua set sofa sehingga didapat sofa yang lebih mungil tetapi terdapat dua bagian. Kabinet yang terdapat di beberapa bagiannya bisa difungsikan sebagai sarana penyimpanan majalah, buku atau yang lainnya.

3. Sofa Puff Untuk Ruangan Kecil

Sofa puff adalah sofa yang tidak memiliki sandaran. Sofa ini cocok juga untuk ruangan yang memiliki gaya minimalis atau ruangan yang memiliki ukuran kecil. Posisi sofa ini harus diletakkan menempel dengan dinding sehingga anda maupun tamu masih bisa duduk sambil bersender ke dinding. Jika ruangan atau rumah anda kecil, gaya interior rumah anda bisa disesuaikan dengan bentuk sofa ini.

4. Bed Sofa dan Sleeper Sofa Untuk Efektifitas

Ada dua model sofa yang cocok di gunakan bagi anda yang tinggal di apartemen dengan ruangan terbatas atau memiliki rumah dengan ukuran kecil. Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama yakni sebagai sofa tempat duduk dan sebagai tempat tidur, namun keduanya berbeda. Sleeper sofa fungsi utamanya adalah sebagi tempat tidur, namun memiliki fungsi tambahan sebagai sebuah sofa tempat duduk.

Sedangkan bed sofa merupakan kursi sofa sebagai fungsi utamanya dan bisa dirubah fungsi sebagai tempat tidur. Jenis sofa ini baik bend sofa atau sleeper sofa dibuat dengan rangka yag kuat dan berat. Maka sofa jenis ini jarang sekali di pindah tempat. Yang paling umum sofa jenis ini diletakkan di ruang tengah atau untuk mempercantik desain ruang keluarga.

5. Cabriole untuk Interior Gaya Klasik

Cabriole terkenal pada awal abad ke-18. Sofa mewah ini mempunyai karakter yang merepresentasikan ruang keluarga bergaya Perancis dan menampilkan kesan formal dan cantik. Rumah dengan gaya klasik seperti rumah Joglo juga cocok menggunakan sofa jenis Cabriole ini.

Jenis sofa yang sesuai dengan interior
Sofa adalah tempat duduk nyaman. Sumber Unsplash

Sofa Cabriole populer dibuat dengan bingkai kayu terbuka dan berukir, sandaran punggung dan lengan bersambung sama tingginya dan tanpa bantal, kaki melengkung khas dengan bagian bawah cekung dan bagian atas cembung.

Itulah beberapa sofa yang sesuai dengan interior rumah. Anda bisa berkreasi sendiri sesuai keinginan anda dalam menyusun gaya ruangan anda. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa membaca artikel kami lainnya tentang desain interior kamar suami istri hanya di website ini.. Terima kasih.