10 Jenis Model Dapur Yang Menarik Untuk Diketahui

10 Jenis Model Dapur Yang Menarik Untuk Diketahui

Dapur adalah salah satu komponen dalam rumah yang sangat penting. Karena merupakan tempat untuk mengolah makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Namun di sisi lain, model dapur juga perlu diperhatikan. Selain mendapatkan keamanan juga akan dinilai keluarga yang berkunjung memiliki estetika yang tinggi.

Kami dari Scandinaland Interior bisa menjadi partner pembuatan dapur untuk Anda semua. Bagi Anda yang tinggal di Yogyakarta langsung saja datang ke lokasi kami untuk konsultasi pembuatan desain sebelum produksi. Anda juga bisa request sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Tapi sebelum itu Kamu perlu tahu 10 jenis dapur modern di bawah ini :

1. Model Dapur Modern Minimalis

Jenis dapur ini dicirikan dengan model yang sederhana dan tidak membutuhkan banyak tempat. Dekorasi, penggunaan warna dan jenis furniture sangat menentukan keindahan. Biasanya dapur minimalis cenderung ke warna yang netral. Seperti pastel, abu-abu dan putih.

Desain dapur minimalis, unsplash @jipy32
Desain dapur minimalis, unsplash @jipy32

2. Model Dapur Industrial

Jika Anda pernah berkunjung ke sebuah cafe. Desain dapur yang menggunakan lampu besar, dinding ekspos dan besi itu dinamakan sebagai dapur industrial. Dicirikan dengan dinding terbuat dari bata atau beton. Serta tempat masak yang terbuat dari material besi dan kayu. Jejaring cafe terkenal seperti warung Upnormal menggunakan corak desian ini untuk ruangan mereka.

Foto dapur dengan corak desain industrial, unsplash @design10
Foto dapur dengan corak desain industrial, unsplash @design10

3. Model Dapur Shabby Chic

Corak desain yang dikembangkan oleh Rachel Aswell sejak tahun 1989 ini ternyata banyak disukai hingga sekarang. Khas dengan gaya elemen yang lusuh namun tetap menawan. Mengusung nuansa yang feminim, lembut dan imut. Kamu bisa menggunakan lampu penerangan berwarna kuning untuk menambahkan kesan hangat dan romantis. Sama sepeti dapur minimalis, set kitchen shabby cic ini didominasi oleh warna netral.

Dapur dengan ciri khas desain shabby chic, ig dani_shabbychiclove
Dapur dengan ciri khas desain shabby chic, ig dani_shabbychiclove

4. Model Dapur Kontemporer

Model ini adalah yang paling banyak ditemukan karena sesuai dengan perkembangan zaman. Kitchen setnya terbuat dari material stainless steel. Kelebihannya adalah awet serta mudah dibersihkan. Nah, jika Anda ingin konsultasi seputar pembuatan kitchen set dengan model desain kontemporer ini, silahkan kontak kami untuk diskusi lebih lanjut.

Dapur restoran kontemporer, unsplash @michaelwb
Dapur restoran kontemporer, unsplash @michaelwb

5. Model Dapur Skandinavian

Ciri khas desain scandinavia ini adalah dari furniturenya yang terbuat dari bahan kayu dan plastik. Didominasi oleh warna putih yang mengedepankan kebersihan dan keindahan. Kamu bisa menambahkan pencahayaan lampu atau jendela yang memberikan celah sinar matahari masuk.

Dapur model scandinavian yang hangat, ig diariodeunareforma
Dapur model scandinavian yang hangat, ig diariodeunareforma

6. Model Dapur Rustic

Jika Anda pernah menonton film pada tahun 90 an. Pasti model dapurnya adalah rustic. Mengusung nuansa tua ala Belanda membuat rumahmu semakin indah. Material kitchen setnya terbuat dari kayu, batu dan logam. Dengan membiarkan warna asli pada furniture kayu semakin menambah kesan masa lampau tapi tetap eksis di masa kini.

Penataan dapur gaya rustic, ig tigersdenvintage
Penataan dapur gaya rustic, ig tigersdenvintage

7. Model Dapur Tradisional

Sangat cocok untuk rumah yang memiliki ukuran besar. Sesuai namanya, model ini mengusung ala-ala tradisional zaman dahulu dengan material utama kayu yang didominasi warna coklat. Jika ingin mendapatkannya, segera lakukan pemesanan lewat tim konsultan kami. Soal harga per meternya bisa menyesuaikan dengan kualitas yang di inginkan.

Desain 3D dapur terbuka cafe dengan corak tradisional jawa, doc pribadi
Desain 3D dapur terbuka cafe dengan corak tradisional jawa, doc pribadi

8. Model Dapur Retro

Walaupun populer pada tahun 1930 hingga 1970 dan terkesan kuno. Nyatanya, hingga saat ini model ini masih menjadi primadona. Sentuhan atraktif dan klasik menjadi ciri khasnya. Dengan warna yang cukup mencolok seperti merah, hijau dan kuning. Material yang sering digunakan adalah kayu, vintage, melamin dan lain sebagainya.

Desain dapur retro, ig retro_kitchen_designs
Desain dapur retro, ig retro_kitchen_designs

9. Model Dapur Victorian

Mengusung tema yang sama seperti rumah yang ada di Victorian. Dengan meja yang terbuat dari marmer. Kamu bisa menambahkan lampu gantung kristal pada langit-langit dapur. Desain model desain victorian, dapur Anda akan terlihat mewah dan eropa banget.

Desain dapur victorian putih, ig jogjakitchensetcom
Desain dapur victorian putih, ig jogjakitchensetcom

10. Model Dapur Vintage

Masih dengan dapur modern yang mengusung tema lampau. Kamu masih bisa menerapkannya di rumah idaman. Kitchen setnya didominasi warna pastel, dengan bahan utama kayu yang memiliki pintu kaca. Untuk memperoleh lebih banyak referensi model, Anda bisa membuka website kami atau website desain seperti unsplash dan yang semisal.

Desain dapur vintage yang manis, realhomes.com
Desain dapur vintage yang manis, realhomes.com

Sudah puas dengan melihat referensi jenis desain dapur diatas? Jika perlu bertanya lebih lanjut seputar dunia kitchen set bisa hub tim konsultan kami lebih dahulu. Tidak harus produksi kitchen set, kami senang bisa bermanfaat untuk lebih banyak orang dari waktu ke waktu. Menjadi partner menumbuhkan keceriaan keluarga Indonesia lewat desain interior.

Cara Mendesain Cafe agar Terlihat Menarik

Cara Mendesain Cafe agar Terlihat Menarik

Seperti yang telah diketahui bahwa fungsi café yang ada di Indonesia pada zaman sekarang atau zaman milenial tidak hanya berfungsi sebagai tempat makan dan minum saja atau dapat dikatakan sebagai tempat kuliner. Tetapi juga merangkap dalam banyak aspek seperti tempat tongkrongan anak muda, tempat mahasiswa atau pelajar untuk mengerjakan tugas, tempat freelancer dan pekerja tetap mengerjakan jobnya, dan lain-lain.

Menentukan Konsep Cafe, Sumber IG @coffee.ontheroad
Menentukan Konsep Cafe, Sumber IG @coffee.ontheroad

Mengapa hal-hal seperti itu banyak dilakukan di café, jawabannya adalah karena suasana café yang nyaman dan juga fasilitas yang menunjang apa yang diinginkan, yaitu untuk meningkatkan produktivitas. Sehingga faktor yang paling besar yang perlu diperhatikan adalah design, furniture, dan aksesibilitas. Ini merupakan sebuah kunci dalam menambah dan mempertahankan pelanggan café yang menghabiskan sebagian waktunya di café. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendesain interior café agar terlihat menarik. 

Memperhatikan Konsep Café

Tentunya konsep merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan interior design yang akan di apply di café. Jadi dalam mengambil sebuah konsep diperlukan ketepatan dan melihat kondisi tuntutan zaman. Agar café dapat memenuhi apa yang diperlukan pelanggan dan tentunya konsep dari sebuah café juga harus memperhatikan strategi marketing, yaitu nilai jual, pelayanan, dan juga fasilitas yang diberikan kepada pelanggan.

Ketika sebuah konsep benar-benar  terencana dengan baik, akan memudahkan dalam mengembangkan café. Karena dasar dari sebuah perkembangan, kemajuan, dan eksistensi café adalah Konsep yang memiliki bobot yang berkualitas, sehingga dapat bersaing dengan kompetitor-kompetitor yang memiliki bisnis café. Kunci utamanya adalah harus memiliki nilai jual, yaitu apa yang tidak ada pada kompetitor yang bisnisnya bergerak dibidang yang sama. Berikut ini beberapa konsep desain café diantaranya:

1. Cafe Outdoor

Konsep desain cafe outdoor memiliki kelebihan bisa merasakan suasana alam secara langsung. Apalagi ketika malam hari, bisa menyaksikan indahnya sinar bintang-bintang di langit. Lebih asyiknya lagi kalau cafe ini berada di atas bukit atau gedung tinggi karena bisa melihat gemerlapnya lampu-lampu kota malam hari.

Menentukan Pencahayaan Cafe, Sumber IG @pnoview
Menentukan Pencahayaan Cafe, Sumber IG @pnoview

2. Cafe Vintage

Konsep vintage lebih dominan bergaya Eropa yang akan membuat pengunjung nyaman dan dipadu dengan sajian menu makanan dan minuman yang selaras.

3. Cafe Tematik

Konsep desain interior yang bertema khusus. Misalnya memiliki hobi bidang IT, bisa membuat Cafe bertema IT yang di dalamnya terdapat interior dan aksesoris dengan konsep-konsep IT.

4. Cafe Kuno

Konsep kuno (tradisional) membuat pengunjung serasa kembali ke jaman tempo dulu dan biasanya suasana tenang dan adem yang ada di Cafe Kuno ini, membuat pengunjung semakin betah dengan suasananya.

Baca Juga Desain Interior Kamar Anak

Menentukan Ukuran Café

Dengan konsep yang menjadi dasar dari café, tentunya dalam mengimplementasikan konsep perlu memperhatikan luas area café masuk dalam kategori minimalis dan maksimalis agar konsep yang sudah dibuat dapat terlaksana sesuai dengan design interior yang diinginkan. Jika café masuk dalam kategori minimalis maka, pemanfaatan ruangan harus efisien agar aksesibilitas pengunjung atau karyawan mudah.

Menentukan Suasana Cafe yang Tepat, Sumber IG @sumtengpost_surat_kabar
Menentukan Suasana Cafe yang Tepat, Sumber IG @sumtengpost_surat_kabar

Sedangkan café yang masuk dalam kategori maksimalis tidak terlalu memperhatikan aksesibilitas, melainkan desain interiornya jangan sampai menitik beratkan hanya pada satu bidang pada ruangan. Tetapi merata pada semua bidang yang ada pada ruangan sehingga balance. Ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan dalam menentukan tata letak dalam ruangan café yaitu:

  1. Terletak pada berdasarkan kapasitas dan target penjualan
  2. Sirkulasi, zonasi, dan jarak antar tempat duduk
  3. Ruang bersekat atau tidak
  4. Memilih perabotan yang sesuai
  5. Menentukan perlu/tidaknya ruang terbuka
  6. Udara dan pencahayaan

Memilih Furniture Café

Salah satu faktor yang paling besar yang bisa membuat seorang pelanggan betah di sebuah café adalah Furniture yang bagus, desain yang unik serta aksesibilitas. Café merupakan ruang public yang dapat diakses oleh kalangan mana saja, maka membutuhkan tingkat kenyamanan yang maksimal bagi para pengunjungnya agar betah. Sehingga dalam mendesain café tidak boleh sembarangan atau dirancang asal-asalan. Ini semua berhubungan dengan pemilihan furniture yang harus dipikirkan secara serius jika ingin pengunjung betah dan nyaman dengan fasilitas furniture yang diberikan.

Menentukan Furniture yang Tepat sesuai Konsep, Sumber IG @kallery_eco
Menentukan Furniture yang Tepat sesuai Konsep, Sumber IG @kallery_eco

Kursi dan meja rendah, sangat cocok bagi pengunjung yang hanya ingin sekedar ngobrol santai. Atau meja dan kursi tinggi seperti meja kerja yang biasanya digunakan untuk mengerjakan sesuatu yang terfokus. Ada juga meja bar panjang lengkap dengan stool yang sangat cocok bagi pengunjung untuk sekedar duduk  mencari inspirasi. Jenis terakhir adalah Bean Bag yang sangat cocok bagi para anak muda atau mahasiswa yang ingin nongkrong santai atau berdiskusi

Menentukan Pencahayaan Café

Lampu atau pencahayaan merupakan aspek penting dari café yang memiliki efek yang mendalam di dalam ruangan. Sehingga pencahayaan dalam ruang café harus dipertimbangkan secara serius karena pencahayaan café juga yang akan menentukan sejauh mana interior café itu nyaman atau tidak, bukan hanya dari furniture dan konsep.

Ada dua jenis arah datang pencahayaan yaitu jenis Artifisial yang berhubungan dengan pilihan lampu atau dapat dikatakan pencahayaan yang bersumber dari lampu dengan modelnya yang menarik, tentunya mendatangkan daya tarik. Jenis yang kedua adalah jenis pencahayaan alami yang hanya terdapat pada saat matahari terbenam sampai matahari tenggelam, tentunya ruangan café harus memiliki kaca atau tempat masuknya cahaya dari luar. Pencahayaan alami juga dapat diatur didalam ruangan café agar dapat menjadi daya tarik dan juga nilai plus dari pengunjung dalam tata pencahayaan café.

Menambahkan Dekorasi / Aksesoris Café

Menambahkan Aksesoris Interior Cafe, Sumber IG @cocote.kopi_
Menambahkan Aksesoris Interior Cafe, Sumber IG @cocote.kopi_

Bukan hanya memperhatikan suasana nyaman dan hidangan makanan yang disajikan di café perlu juga untuk mendekor cafe semenarik mungkin agar café tidak terkesan monoton oleh pengunjung. Desain interior café yang unik dan khas akan mendorong pengunjung untuk mendokumentasikan foto dengan background café, hal ini tentunya dapat meningkatkan popularitas dari bisnis café. Perlu diingat dalam melakukan dekorasi pada café jangan sampai terlalu berlebihan dan melakukan penempatan item yang kurang strategis ini akan membuat dekorasi café kurang menarik untuk dilihat.

Sekian artikel dari Scandinaland, semoga memberi wawasan tambahan kepada pembaca  dalam memperindah ruangan café. Semoga juga bisa menjadi bahan referensi untuk mengasah kreativitas mendesain interior café yang menarik dan sesuai kebutuhan.

Mau Kenal Lebih Dekat Dengan Scandinaland?

Yuk gabung dalam grup kami dan dapatkan update terbaru dari Scandinaland. Anda juga bisa diskusi dengan Scandinalovers lain didalamnya.

Follow Us

WhatsApp Mau FREE Konsultasi?