Saat melakukan penataan pada bagian dapur memang gampang-gampang susah. Bagaimana caranya dapur tersebut mampu menumbuhkan semangat memasak serta terlihat indah?. Di bawah ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mendesain konsep interior dapur minimalis di rumah Anda.

1. Perhatikan Bentuk Dapur

Pertama yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan bentuk ruangan yang akan digunakan untuk dapur. Apakah luas atau sempit. Hal ini sangat penting untuk menentukan dimana kitchen set nantinya diletakkan, dan hiasan apa yang digunakan

2. Perhatikan Ukuran Dapur

Kedua yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan ukuran dapur. Karena ada beberapa model yang tidak cocok apabila diterapkan pada ukuran tertentu. Sehingga Anda harus melakukan perhitungan secara matang berapa lebar dan panjangnya, sesuaikan dengan kitchen set serta perabotan lainnya.

Interior dapur minimalis dengan kabinet atas dan bawah, doc pribadi
Interior dapur minimalis dengan kabinet atas dan bawah, doc pribadi

3. Perhatikan Fungsionalitas dalam Memasak

Konsep interior dapur minimalis juga harus mendukung fungsionalitas dalam memasak. Apa saja yang Anda butuhkan, tempat cuci, almari piring atau tempat elpiji. Termasuk tata letak kulkas dan meja makan. Catat secara lebih rinci. Jangan sampai desain yang sudah dibuat mempersulit Anda dalam memasak.

Baca juga: 10 jenis model dapur menarik

4. Tema Desain Dapur

Juga harus disesuaikan dengan konsep rumah minimalis yang diusung. Perhatikan secara keseluruhan apakah serasi dan selaras. Misalkan rumah Anda berwarna monokrome maka bisa mengecat dapur dengan warna yang sama.

Konsep desain interior dapur minimalis bentuk L, doc pribadi
Konsep desain interior dapur minimalis bentuk L, doc pribadi

5. Jenis Desain Kitchen Set

Jika Anda sulit menemukan tempat jual kitchen set yang bisa request sesuai dengan keinginan. Jangan khawatir, Scandinaland Interior dapat membantu Anda dan mewujudkan dapur idaman. Berikut ini macam-macam desain interior dapur yang bisa jadi pilihan :

  • Bentuk U : Kitchen set berbentuk U memang sangat cocok digunakan untuk rumah model minimalis. Karena tidak membutuhkan banyak tempat, dan biasanya digunakan untuk dapur yang terletak diantara dua ruangan. Mampu membuat rumah Anda terlihat lebih elegan.
  • Bentuk L : Jenis yang paling banyak digunakan. Kelebihannya adalah maksimal dalam memanfaatkan setiap sudut dengan alur yang membuat sirkulasi udara dalam dapur menjadi lancar.
  • Bentuk G : Desainnya hampir mirip dengan bentuk U. Namun ditambah mini bar untuk 2-3 orang di salah satu ujungnya. Anda bisa request desain dapur bentuk G ini sesuai dengan warna yang diinginkan di tempat kami.
  • Bentuk Double Line : Dikenal dengan sebutan koridor. Karena terdapat dua sisi yang menempel pada tempok. Satu sisi sebagai lemari penyimpanan dan lainnya sebagai wastafel. Sangat cocok diaplikasikan untuk rumah minimalis.
  • Bentuk Island : Bentuk satu ini mampu memberikan kesan mewah. Kenapa dinamakan island? Karena kabinet-kabinetnya mengelilingi meja layaknya sebuah pulau. Ditambah dengan keramik pada bagian atasnya. Dijamin jauh dari kata kotor.
  • Bentuk Single Line : Merupakan desain yang paling pas digunakan untuk dapur minimalis. Wastafel, kompor, sink, countertop menjadi satu baris saja. Nah, jika Anda sudah mengetahui apa saja bentuk kitchen set, pilihlah yang paling tepat dan segera lakukan pemesanan di jasa kitchen set yang Anda percayai.
Hasil jadi pengerjaan interior dapur minimalis bentuk single line, doc pribadi
Hasil jadi pengerjaan interior dapur minimalis bentuk single line, doc pribadi

6. Perhatikan material Kitchen

Jangan lupa juga untuk memperhatikan material kitchen set. Karena hal tersebut ikut menentukan keindahan, kebersihan dan kenyamanan Anda di dalam dapur. Usahakan untuk membeli bahan multiplek / plywood karena selain awet, mudah dibersihkan dan tahan panas. Jadi, Anda tidak perlu keluar banyak biaya untuk membeli kitchen set saja. Budget yang sisa masih bisa digunakan untuk yang lainnya. Seperti membeli perabotan tambahan berupa lampu, vas bunga dan lainnya.

Di poin no 6 kami sampaikan multiplek bisa tahan panas, hal itu dimungkinkan jika dilapisi dengan pelapis seperti HPL atau PVC. Sehingga akan tahan gores dan panas. Memilih konsep interior dapur minimalis atau mewah gaya victorian adalah pilihan Anda sendiri. Apa yang terbaik untuk Anda, kami dari Scandinaland Interior siap untuk memberikan support yang optimal.