Desan Ruang Keluarga Minimalis – Hampir setiap orang sepertinya pernah merasakan letih dan penat dengan aktivitas sehari-hari? jika kondisi tersebut mulai dirasakan ingin segera kembali ke rumah di ruang keluarga dan berkumpul dengan anggota keluarga. Apalagi jika raungan keluarga ditata senyaman mungkin bisa mengubah mood menjadi lebih baik.

Pada umumnya, ruangan kelurga dibagi menjadi 2 area. Yang pertama yaitu duduk menggunakan kursi. Area kedua yaitu tanpa kursi atau biasa disebut lesehan. Jika ditilik sangat jarang bukan, desain raung keluarga dengan ala lesehan? Gaya ruangan ini cocok diterapkan di rumah dengan tipe minimalis. Meskipun terlihat sederhana ada beberapa tips menjadikannya lebih hidup dan elegan.

Desain Ruangan Keluarga Ala Lesehan Untuk Rumah Minimalis

Berikut ini ada beberapa referensi untuk desain rumah lesehan untuk tampil lebih epik di rumah minimalis. Gaya lesehan ini selain nyaman untuk kumpul bersama keluarga, tempat yang nyaman untuk menonton tivi dan ramah untuk anak-anak di rumah. Inilah penjelasannya:

Desain Ruang Keluarga Ala Baithak

Desain ala Baithak ini merupakan desain khas dari India. Tentu desain ini banyak diterapkan di India sendiri. Umumnya gaya ini identik dengan perabotan ataupun furnitur berwarna mencolok dan etnik khas India yang mana lengkap dengan low-seaters, bantal sofa, dan cushion. Bagaimana tertarik dengan gaya India ini? seiring perkembangan zaman, gaya Baithak ini terpengaruh oleh gaya minimalis sehingga banyak diterapkan untuk ruangan keluarga. Desain ruangan keluarga ala India ini cocok untuk diaplikasikan untuk raungan indoor maupun outdoor.

Ruang tamu dengan corak desain India yang kental, sumber ig @reshmakadvath
Ruang tamu dengan corak desain India yang kental, sumber ig @reshmakadvath

Ruang Keluarga Minimalis Dengan Gaya Jepang

Ruangan keluarga gaya lesehan berikutnya yang tak kalah menarik yaitu dengan ala Jepang. Bagi penghuni rumah minimalis tidak perlu bingung lagi, dengan tambahan futon maka bisa memaksimalkan ruang keluarga. Futon bisa menjadi pilihan bagi penghuni yang tidak terlalu suka menggunakan matras. Futon bisa diserasikan dengan warna dari lantai ataupun cat dinding rumah. Tambahkan pula bantal kursi atau cushion sehingga menambah tampilan menjadi epik dan nyaman.

Ruang tamu bergaya desain Jepang, sumber ig @mado_clock
Ruang tamu bergaya desain Jepang, sumber ig @mado_clock

Desain Dengan Karpet Eye Catching

Desain selanjutnya yang mudah untuk diterapkan di rumah minimalis yaitu penempatan karpet yang eye catching. Karpet tidak hanya difungsikan sebagai pelindung dari lantai saja, namun tempat yang nyaman digunakan untuk lesehan bersama keluarga. Maka bahan dari karpet ini yang lembut dan halus sehingga berkumpul bersama keluarga lebih menyenangkan.

Selain karpet yang nyaman, beranikan untuk eksplorasi warna supaya lebih eye catching sehingga ruang keluarga tidak terlihat sepi. Tetapi, jika menginginkan warna karpet yang senada dengan lantai ataupun cat dinding, maka bisa dialihkan ke corak bantal ataupun ornamen di ruang keluarga.

Desain Ruang Keluarga Dengan Bantal Besar

Ide kreativitas berikutnya yang bisa diterapkan untuk gaya rumah minimalis yaitu matras dan bantal yang besar. Dengan barang tersebut ruang kelaurga bisa menjadi lebih nyaman. Untuk memberikan nuansa yang lebih hidup maka bisa menggunakan warna-warna berbeda untuk bantal dan matras.

Desain ruang keluarga dengan bantal besar, sumber unsplash @devano23
Desain ruang keluarga dengan bantal besar, sumber unsplash @devano23

Gaya ini juga friendly untuk anak-anak. Pengaplikasian matras ini bisa dari matras yang sudah lama tak terpakai. Untuk menghindari kesan usang bisa menambahkan kain unik-unik untuk melapisinya. Langkah selanjutnya bisa menambahkan bantal dengan corak polos sehingga terlihat seimbang di dalam ruangan.

Desain Unik Dengan Bean Bag

Saat mendengar kata bean bag mungkin langsung tertuju pada gaya yang kuno dan aneh. Apalagi bean bag biasanya berada pada gaya ruangan rumah pada tahun 60-70an. Namun, jangan salah saat ini bean bag menjadi lebih modern dan seringkali tersedia pada setiap gaya rumah minimalis. Bantalan ini pas dijadikan di ruangan minimalis sehingga tambah nyaman untuk berkumpul bersama keluarga.

Desain ruang keluarga minimalis dengan beanbag, sumber ig @jodyblainemoon
Desain ruang keluarga minimalis dengan beanbag, sumber ig @jodyblainemoon

Jadi selain dari referensi desain rumah ruangan keluarga ala lesehan. Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu cara-cara untuk mendesain ruangan kelaurga minimalis. Langkah pertama yaitu menentukan area lesehan beserta luasnya yang detail. Langkah selanjutnya mempertimbangkan alas lesehan yang sesuai dengan hunian.

Tertarik memiliki ruang keluarga minimalis dengan berbagai pilihan gaya diatas? Hubungi tenaga profesional dari Scandinaland Interior untuk konsultasi lebih lanjut berbagai jenis gaya desain interior untuk ruang keluarga minimalis impian Anda. Kami tunggu dengan tawaran terbaik.