Tidak sedikit pasangan suami istri memperhatikan desain interior kamar tidur mereka, apalagi mereka pengantin baru. Tetapi, apakah desain interior kamar hanya untuk kenyamanan sementara? atau hanya untuk malam pertama? tentu jawabannya tidak. Interior kamar yang didesain tentu untuk jangka panjang, kenapa? faktor keuangan menjadi faktor utama, karena perubahan interior akan menghabiskan uang yang lumayan banyak, terutama yang melakukan perubahan desain interior secara total.

Sumber IG @anindia_larasatiii
Sumber IG @anindia_larasatiii

Terkadang, bagi Anda yang memiliki Anak, cukup melakukan desain interior kamar anak tanpa memperhatikan kamar sendiri. Sisi lain, waktu pengerjaan yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit sehingga pasangan suami istri harus tidur di tempat lain untuk sementara waktu. Bahkan, tidak ada waktu untuk mengganti interior kamar disebabkan sibuk kerja atau mengurus anak sehingga rencana hanya tinggal rencana tanpa realisasi.

Padahal desain interior kamar sangat penting karena memiliki pengaruh psikologis terhadap penghuninya. Bagi Anda yang telah memiliki atau memiliki pasangan suami istri dan berencana ingin mendesain interior kamar tidur yang sederhana namun menarik sehingga Anda nyaman untuk beraktivitas dalam kamar Anda, berikut Kami berikan informasinya untuk Anda.

Kamar Sebagai Ruang Private

Kamar tidur merupakan salah satu ruangan yang memiliki peran besar di dalam rumah. Bahkan, Anda pasti sepakat bahwa kamar tidur adalah area private bagi siapapun penghuninya. Entah kamar anak, kamar mertua, kamar orang tua, atau kamar tamu yang menghuni sementara, tidak terkecuali kamar Anda yang sudah memiliki pasangan suami istri tentu sangat private. Private dari orang tua, mertua, saudara, teman, bahkan anak.

Sumber @interiordesign4.com
Sumber @interiordesign4.com

Sebagai ruang private maka desain kamar tidur untuk pasangan suami istri gampang-gampang susah. Karena keputusan mengenai konsep yang akan diaplikasi merupakan kesepakatan dari dua kepala yang berbeda, antara Anda dan pasangan Anda. Kecuali, Anda bersama pasangan memiliki selera desain kamar tidur yang sama. Apabila Anda bersama pasangan kesulitan menentukan konsep kamar tidur, mungkin nuansa romantis bisa dijadikan sebagai pilihan.

Nuansa romantis sangat cocok untuk kamar tidur pasangan suami istri apalagi yang baru menikah. Suasana ini juga bisa memberikan kehangatan sekaligus mempererat hubungan bersama pasangan. Salah satu cara untuk mengaplikasi nuansa romantis juga dengan meletakan foto kenangan saat menikah, bulan madu, bersama orang tua dan mertua, keluarga besar, atau foto anak. 

Menentukan Gradasi Warna Kamar

Penentuan degradasi atau kombinasi warna untuk interior kamar tidur memang tidak bisa disepelekan. Sebab warna berpengaruh penting dalam menciptakan kesan tertentu dan mewakilkan mood penghuninya. Anda bisa memilih kombinasi warna romantis seperti biru, putih, coklat, pink, kuning, atau pastel biru, pastel pink, pastel polos, dan pastel ungu. Terpenting warna yang Anda pilih dengan warna lainnya.

Sumber IG @ad3purnama
Sumber IG @ad3purnama

Warna coklat muda mampu memberi kesan hangat, warna kuning mampu memberi kesan bahagia, warna putih mampu memberi kesan menenangkan. Apabila Anda lebih menyukai warna netral, Anda bisa memilih palet warna putih, warna abu-abu, atau warna-warna pastel yang lembut.

Memilih Tempat Tidur

Furniture utama dalam kamar tidur adalah tempat tidur. Sehingga tidak heran apabila anak-anak yang masuk ke dalam kamar, lebih senang bermain di tempat tidur dibandingkan bagian lainnya. Sehingga pemilihan tempat tidur harus tepat atau sesuai kebutuhan. Saat ini, terdapat banyak model tempat tidur dengan desain yang beragam. Mengenai konsep desain kamar romantis, Anda harus memikirkannya secara serius. Dimana pertimbangan utamanya adalah faktor kenyamanan.

Tempat tidur yang ideal memiliki desain sesuai selera dengan ukuran yang tidak terlalu lebar dan tidak terlalu tinggi. Mengenai ukuran juga menjadi pertimbangan serius, harus sesuai ukuran luas kamar agar kamar tidak terlalu terlihat sempit sehingga bisa digunakan furniture lainnya seperti lemari pakaian, meja, kursi, dan lemari dinding.

Menambahkan Kanopi dan Memilih Sprei Tempat Tidur

Apabila Anda menginginkan, bisa juga menambahkan kanopi pada tempat tidur sebagai salah satu cara terbaik untuk menampilkan kesan atau suasana romantis. Lebih bagus lagi menambahkan jaring nyamuk biar suasana romantis terlihat begitu kesan, terasa kamar hanya milik berdua 😊. Selain itu, untuk menghindari Anda dari gigitan nyamuk sehingga Anda dan pasangan bisa tidur dengan nyaman.

Sumber @baliwoodhouse.com
Sumber @baliwoodhouse.com

Jangan lupakan memilih sprei sesuai dengan warna konsep untuk mendapatkan suasana lebih romantis. Bahan sprei yang dipilih sangat dianjurkan dari bahan satin atau sutra biar saat tidur lebih nyaman. Sedangkan motif, Anda bisa memilih motif polos dengan warna putih atau coklat muda karena dua warna ini bisa dikombinasikan dengan konsep interior kamar warna apapun.

Memilih Furniture dan Menentukan Pencahayaan Kamar

Dalam memilih furniture, pasangan suami istri cenderung memilih furniture yang polos atau sederhana untuk mendapatkan suasana yang menarik dilihat untuk jangka panjang. Penggunaan furniture yang sederhana juga tetap bisa menciptakan nuansa romantis di dalam kamar tidur Anda.

Furniture berbahan kayu dengan motif lembut berwarna coklat bisa memberi kesan romantis serta klasik. Anda dapat memadupadankan warna pada bagian dinding dengan warna furniturnya agar terkesan memiliki keserasian dan keseimbangan. Selain itu, kamar tidur haruslah dirancang untuk mendapatkan instalasi pencahayaan terbaik.

Sumber @ndikhome.com
Sumber @ndikhome.com

Pencahayaan yang tepat untuk kamar tidur sebaiknya menggunakan dua lampu yakni lampu terang dan sedikit redup atau biasa dikenal dengan lampu tidur. Bisa juga dengan memilih lampu hias bisa untuk menambah daya tarik dan juga mempermanis ruangan. Suasana temaram atau bahkan gelap sepenuhnya adalah pilihan terbaik agar mendapatkan suasana relaksasi maksimal yang dibutuhkan oleh tubuh.

Demikian informasi dari Kami, semoga bermanfaat untuk Anda. Apabila Anda ingin konsultasi mengenai interior kamar bisa menghubungi Kami melalui laman link Scandinaland.com