Setiap orang tua tentu ingin membuat anaknya nyaman dalam kamar terutama bagi Anak yang berumur belum genap 7 (tujuh) tahun karena saat usia tersebut sang anak sangat membutuhkan perhatian lebih dari orang tua dan waktu yang paling banyak dihabiskan oleh orang tua terhadap anak saat usia tersebut adalah di rumah termasuk dalam kamar. Ada banyak faktor kenapa orang tua ingin anaknya menghabiskan waktu lebih banyak dalam kamarnya. Faktor-faktor tersebut meliputi:

  • Bisa memantau anak secara langsung saat beraktivitas.
  • Dapat menegur anak saat melakukan pelanggaran ketika beraktivitas sehingga menanamkan sikap yang baik kepada anak secara perlahan.
  • Anak mendapatkan perhatian lebih dari kedua orang tua.
  • Dan beberapa faktor lainnya.
Interior Kamar Anak, Sumber IG @homesetcantik
Interior Kamar Anak, Sumber IG @homesetcantik

Banyak faktor yang bisa membuat anak nyaman saat berada dalam kama, salah satunya membuat desain interior kamar yang mendukung aktivitas anak. Kamar anak bukan hanya untuk tempat tidur semata melainkan untuk belajar bahkan bermain. Seperti apa desain interior kamar anak yang menarik, berikut informasinya Kami berikan untuk anda.

1. Memilih Space dalam Rumah

Sebelum membuat interior kamar untuk anak, pilihlah tempat atau bagian rumah yang cocok untuk kamar anak. Biasanya bagian rumah yang cocok untuk kamar anak adalah:

  • Kamar anak bersebelahan dengan kamar orang tua, agar orang tua bisa memantau anak terutama ketika malam hari atau kondisi urgent.
  • Kamar anak tidak dekat dengan ruang tamu, agar aktivitas anak saat dalam kamar tidak mengganggu tamu yang datang bertamu.
  • Bagi yang rumah bertingkat pilih kamar anak di lantai satu, agar anak tidak sering naik turun tangga yang dikhawatirkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
  • Kamar anak memiliki jendela, agar ruang kamar anak tidak pengap.

2. Memilih Warna Ruang yang Sesuai

Warna netral membuat kamar anak terlihat lebih segar dan bersih. Selain itu, biasanya anak-anak menyukai warna yang netral seperti biru muda, putih, abu-abu, dan warna netral lainnya. Warna netral tersebut cocok dikombinasikan dengan warna interior lainnya seperti hijau army, biru dongker, merah marun, dan warna lainnya.

3. Memilih Furniture yang Sesuai

Pilihlah furniture yang sesuai dengan tumbuh kembang anak. Seperti tempat tidur yang dapat dikonversi untuk usianya tiga atau lima tahun mendatang. Bila perlu pilih tempat tidur yang bisa digunakan untuk jangka panjang anak bahkan untuk 5 tahun lebih kedepan. Agar tidak perlu membeli kembali untuk masa mendatang ketika anak tumbuh besar.

Interior Kamar Anak Laki-laki, Sumber IG @rumahsarah20
Interior Kamar Anak Laki-laki, Sumber IG @rumahsarah20

4. Mengisi Kamar Dengan Seni

Memasang wallpaper atau wallcover yang menarik dan sesuai dengan usia anak seperti wallcover luar angkasa, pesawat, kapal laut, ikan yang berenang, dan berbagai gambar lainnya yang menggambarkan tentang suasana hati yang ceria. Orang tua juga dapat menaruh lampu yang lucu, pernak pernik yang imut, mainan, dan lainnya sebagainya sebagai hiasan dalam kamar.

Jangan gunakan terlalu banyak perabotan. Jika Anda ingin membuat kamar anak benar-benar unik, pilihlah benda yang tetap gaya dan berseni setelah beberapa tahun. Misalnya, foto pertama anak masa kecil atau foto pertama anak bersama orang tua, itu justru lebih mampu mengisi ruang kosong dengan menambahkan karakter ruang agar lebih sesuai dengan karakter anak.

5. Bekerja Dengan Tema

Ketika anak memilih tema, jangan panik atau merasa takut apakah tema itu akan sesuai dengan usia anak di tahun-tahun berikutnya. Misalnya, anak menginginkan tema mobil balap, motor sport, anime, atau kartun. Cukup masukkan potongan-potongan minimal tema tersebut pada sarung, bantal, kasur, atau lukisan-lukisan dinding saja untuk menghadirkan tema tersebut.

6. Sediakan Tempat Penyimpanan

Kamar tidur anak pastinya membutuhkan ruang penyimpanan untuk mainan, buku-buku, pakaian, sepatu, dan lainnya. Orang tua harus mengatur tempat penyimpanan sehingga anak-anak bisa menaruh barang-barangnya sendiri. Sebaiknya ruang penyimpanan di kamar tidur bisa memanfaatkan ranjang, kursi, meja belajar, atau furniture lainnya. Custom furniture seperti ini tentu lebih menarik dan tidak terlalu memakan ruang lebih sehingga ruang bermain anak juga tidak berkurang.

Interior Kamar Anak Perempuan, Sumber IG@kamar_idamanku
Interior Kamar Anak Perempuan, Sumber IG@kamar_idamanku

7. Dekorasi Bagian Jendela

Jendela tidak hanya menjadi bagian yang menghubungkan bagian dalam kamar anak dengan bagian luar rumah melainkan bisa didesain untuk fungsi yang lain. Anda dapat mendesain jendela sebagai tempat bersantai atau membaca buku untuk anak. Jika tidak bisa, Anda hanya perlu mendandaninya dengan tirai yang menarik. Tentunya dengan dekorasi yang sesuai dengan usia anak.

8. Konsultasi Kepada Desainer Interior

Berkonsultasi mengenai desain kamar anak laki-laki atau perempuan kepada interior desainer sebenarnya merupakan pilihan yang bijak, karena selain dapat memperoleh desain yang apik, juga dapat mengurangi biaya yang disebabkan oleh berbagai hal yang dilakukan karena masih kurang pengetahuan. Banyak orang berpikir bahwa mempekerjakan jasa interior desain dalam membuat kamar tidur anak laki-laki atau perempuan akan menguras biaya lebih banyak, pada kenyataannya justru sebaliknya.

Orang tua bisa menentukan desain sesuai keinginan anak ataupun dirinya yang mampu diaplikasikan oleh interior desainer dalam sebuah desain kamar anak. Selain itu, interior desainer akan memberikan estimasi biaya yang dikeluarkan sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya yang disepakati sejak awal. Jadi tidak ada biaya tidak terduga, biaya kesalahan pembangunan, dan lain sebagainya. Interior desainer menjunjung tinggi profesionalitas jadi tidak ada salahnya mencoba daripada tidak sama sekali.

Semoga informasi diatas memberikan manfaat untuk Anda sebagai orang tua yang berencana untuk membuat desain interior kamar untuk anak laki-laki atau perempuan Anda. Jika ingin konsultasi atau pesan untuk dibuatkan desain interior kamar untuk anak dapat menghubungi scandinaland.com.