Bagian depan rumah atau istilah lainnya adalah fasad tentu akan menjadikan pusat perhatian bagi banyak orang. Terutama jika orang – orang yang lalu lalang sengaja dengan berjalan kaki. Otomatis bisa melihat secara langsung bagian depan hunian Anda. Agar hunian depan rumah menjadi lebih menarik dan sedap dipandang maka dapat ditambahkan taman untuk memaksimalkan area yang masih longgar.

Desain Rumah Depan dengan Taman

Apakah Anda sudah siap? Jika sudah siap untuk melakukannya maka pilihlah ide untuk desainnya. Berikut ini ada beberapa rekomendasi desain fasad dengan menggunakan taman. Silahkan disimak baik – baik. Selamat membaca.

Didesain dengan Taman Modern

Rekomendasi yang pertama adalah mendesain hunian dengan taman yang bernuansa modern. Taman akan menimbulkan suasana terbuka dan segar. Warna – warna hijau tanaman mampu menghadirkan ketenangan jiwa dan merehatkan organ tubuh dari penatnya aktivitas seharian. Selain itu, taman juga menjadi pilihan karena bisa menjadi daerah resapan air.

Bagian depan rumah modern dengan taman, sumber epicmagazine.net
Bagian depan rumah modern dengan taman, sumber epicmagazine.net

Desain bagian depan rumah diberikan bukaan dalam jumlah banyak untuk memberikan sirkulasi udara yang lancar. Lalu agar mendapatkan cahaya matahari yang cukup, sehingga tidak mudah lembap. Untuk menimbulkan kesan ang lebih luas bisa ditanam tanaman hias menggunakan pot menggantikan pepohonan.

Baca juga: Desain Rumah Sesuai Karakter

Fasad Bernuansa Tropis

Desain yang kedua adalah fasad bernuansa tropis. Konsep yang satu ini adalah menghadirkan pepohonan yang tumbuh dengan rimbun. Dipadukan dengan unsur bebatuan, pohon dan semak – semak. Selain akan tampak seperti hutan buatan akan tetapi pencahayaan juga perlu dilakukan. Misalnya menggunakan pencahayaan dengan biasan kekuningan. Sehingga akan terkesan lebih hangat untuk hunian. Hal itu akan sangat menyenangkan jika digunakan untuk bersantai bersama keluarga, kerabat ataupun teman – teman.

Desain rumah dengan fasad taman tropis, sumber unsplash @mindaugas
Desain rumah dengan fasad taman tropis, sumber unsplash @mindaugas

Desain Menggunakan Beton

Tidak selamanya desain menggunakan bahan dasar beton itu tidak menarik. Hal tersebut sebenarnya dapat disiasati dengan ide cemerlang otak kita. Otak yang kreatif ini dapat digunakan untuk mengimajinasikan desain yang cocok untuk sebuah hunian. Beton yang pada umumnya memberikan kesan yang kukuh dan dinamis, bisa dipadukan dengan taman yang dihiasi rerumputan. Kemudian kombinasikan menggunakan papan kayu warna yang beda – beda. Kesan kaku yang ada pada beton tadi akan menjadikan nuansa lebih bersahabat dan nyaman.

Rumah dengan tiang beton, sumber unsplash @samuelzeller
Rumah dengan tiang beton, sumber unsplash @samuelzeller

Desain Menggunakan Bebatuan

Bagian tampak depan rumah juga dapat dikreasikan menggunakan bebatuan. Elemen natural ini cocok sekali untuk taman rumah. Walaupun efek yang ditimbulkan akan kering, sebab tanaman hias tidak terlalu banyak. Akan tetapi tetap terlihat eksotis dan terlihat lebih modern. Ditambah lagi dengan bentuk bangunan pada atap rumah yang kotak.

Fasad rumah dengan kombinasi batu, sumber unsplash @margobr
Fasad rumah dengan kombinasi batu, sumber unsplash @margobr

Menggunakan Kombinasi Material

Para pecinta taman untuk hunian idamannya juga dapat menggunakan berbagai bahan material. Semua bahan yang ada dikombinasikan dan disesuaikan dengan taman. Misalnya, akan menggunakan batu agar terkesan lebih alami dan modern, ditambah lagi dengan memasukkan unsur kayu dan besi agar terlihat kokoh.

Walaupun tanaman tidak terlalu banyak, hal itu bisa disiasati dengan menghadirkan barang lainnya. Seperti menambahkan kursi dan meja di atas rumput taman. Sehingga akan lebih privasi untuk tempat berkumpul bersama dengan keluarga.

Fasad dengan Taman Kering

Taman yang banyak menggunakan unsur – unsur tumbuhan tentu butuh dirapikan dan dibersihkan setiap waktu. Hal itu bertujuan agar fasad rumah tetap terjaga kerapiannya. Namun, jika Anda memang jarang di rumah atau memiliki kesibukan lain, maka taman kering dapat menjadi alternatifnya. Bagian depan rumah didesain menggunakan kerikil serta bebatuan. Sehingga terlihat rapi dan lebih berstruktur. Ditambahkan juga paving block untuk membuat jalan setapak yang menarik.

Rumah dengan taman kering, sumber unsplash @fezbot2000
Rumah dengan taman kering, sumber unsplash @fezbot2000

Baca juga: Pengertian Taman Kering + Foto

Demikianlah desain – desain taman untuk fasad rumah agar tampak lebih cantik dan nyaman untuk bersantai bersama dengan orang – orang terdekat. Nuansa yang dibangun disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan diri Anda juga dapat menjadikan ciri khas. Sehingga tak akan bosan untuk berlama – lama di sana. Semoga beberapa desain di atas dapat menjadi inspirasi bagi pembaca semuanya. Selamat mencoba ya?

Anda bisa mencoba berkreasi sendiri atau menggunakan jasa konsultan interior untuk rumah Anda. Semua ada plus minusnya. Jika pilihannya adalah menggunakan jasa interior, kami dari Scandinaland Interior siap mewujudkan fasad depan rumah minimalis impina Anda. Terima kasih.

WhatsApp Mau FREE Konsultasi?